Minggu, 11 Oktober 2015

Fellen Pangki Nugroho Kelas X-IIS-2 Remedial UTS Bahasa Indonesia

1. Apa itu sinonim, antonim, hiponim, homonim, homograf, homofon, polisemi, dan berikan masing masing contoh satu? Sinonim adalah persamaan kata. Analisis : bunga = kembang. Contoh : Bunga sepatu sangat indah dikala dihiasi embun dipagi hari. a. Antonim adalah lawan kata. Analisis : hitam >< putih. Contoh : Rambut hitam belum tentu rambut yang sehat. b. Hiponim adalah kata yang mempunyai hubungan antara makna khusus dan makna umum. Analisis : hewan. Contoh : Sapi, ayam, kambing, domba, dan sebagainya adalah hewan ternak. c. Homonim adalah kata, bentuk, dan cara penulisannya sama. Tetapi maknanya berbeda. Analisis : beruang ( uang ), beruang ( hewan ). Contoh : Beruang itu sangat lucu saat masih kecil. d. Homograp adalah kata dan tulisannya sama, tetapi pelafalannya dan maknanya berbeda. Analisis : serang ( menyerang ), serang ( kota ). Contoh : Saya dan keluarga akan mengunjungi nenek di kota Serang, Banten. e. Polisemi adalah kata yang memiliki makna banyak. Analisis : buah ( makanan ), buah ( bayi ). Contoh : Buah hati kami terlahir dengat berat 3,1 kilogram. 2. Apa itu frasa? Sebutkan 4 macam frasa dan berikan contoh satu? = Frasa adalah salah satu bentuk kata atau jenis kata yang memiliki arti setiap katanya. a. Frasa verba adalah salah satu bentuk kata yang memiliki kata kerja. Analisis : sedang berlari. Contoh : Joni terlihat sedang berlari mengejar sesuatu. f v b. Frasa nomina adalah salah satu bentuk kata yang memiliki arti kata benda. Analisis : memberi hadiah. Contoh : saat Dina ulang tahun saya memberi hadiah sepatu kepadanya. f nom c. Frasa adjektifa adalah salah satu bentuk kata yang memiliki arti kata sifat. Analisis : Lukisan itu bagus . Contoh : Saat melihat melihat pameran, lukisan itu bagus sekali. f adj d. Frasa numerial adalah salah satu bentuk kata yang memiliki kata bilangan. Analisis : tiga apel. Contoh : Sepulang kerja malam itu, ayah saya memberi tiga apel untuk disimpan. Num F 3. Apa itu konjungsi? Sebutkan 7 macam konjungsi dan berikan satu contohnya? = Konjungsi adalah salah satu bentuk kata yang menggabungkan kata, kalimat, dan paragraf. a. Konjungsi gabungan. Analisis : dan. Contoh : Saya dan Safira selalu pulang bersama setiap hari. b. Konjungsi pilihan. Analisis : atau. Contoh : Saya bingung mau makan nasi atau kentang? c. Konjungsi pertentangan. Analisis : tetapi. Contoh : Bukannya saya menolak, tetapi saya masih memikirkannya lagi. d. Konjungsi sebab. Anallisis: karena. Contoh : Saya tidur larut malam karena saya mengerjakan tugas untuk besok. e. Konjungsi akibat. Analisis : akhirnya. Contoh : Cerita yang dibacakan nenek akhirnya berujung dengan kebahagiaan f. Konjungsi kesimpulan. Analisis : jadi. Contoh : Saya sedang sakit jadi saya enggan mengikuti kegiatan tersebut. g. Konjungsi waktu. Analisis : sesudah. Contoh : Sesudah makan saya selalu diminta oleh ibu untuk mencuci piring. 4. Tuliskan masing masing satu dari kata baku, kata tidak baku, dan kata serapan! = a. Kata baku : Ijazah. Kata tidak baku : Ijasah. Contoh : Lebih dari 3 bulan setelah saya lulus Ijazah saya belum saya ambil. b. Kata tidak baku : Lobang. Kata baku : Lubang. Contoh : Lobang di deket rumah saya tu gede banget. c. Kata serapan : Winkel. Kata baku : Bengkel. Contoh : Setiap bulan saya selalu men-servis motor saya ke bengkel terdekat. 5. Apa itu eksposisi, argumentasi, narasi, deskripsi, dan persuasi? Berikan masing masing contoh satu paragraf! = a. Eksposisi adalah karangan yang menjelaskan tentang paparan atau definisi. Analisis : cara menanam singkong. Contoh : Singkong adalah tumbuhan umbi akar yang kaya akan karbohidrat. Singkong sangat mudah untuk ditanam dengan hanya meletakan batang singkong di tanah singkong akan tumbuh. Tak hanya itu singkong juga dapat tumbuh di semua jenis tanah. Meskipun proses penanamannya sangat mudah, proses penanaman singkong memerlukan perhatian khsusus untuk hasil yang maksimal sebagi berikut. Pilihlah batang singkong yang paling bawah, potong kira-kira sekitar 15 cm dan tajamkan ujungnya. Kemudian letakan pada tempat yang lembab selama 2 minggu hingga tumbuh tunas kecil.Setelah 2 mingggu, tanam singkong pada tanah yang sudah digemburkan sebelumnya. Usahakan jangan menanam singkong saling berdekatan karena akan mengganggu umbi yang akan dihasilkan. Tancapkan ujung singkong pada tanah jangan terlalu dalam agar singkong mudah di cabut saat panen. b. Argumentasi adalah karangan yang menjelaskan penjelasan dan pendapat seseorang. Analisis : Smart Phone Stupid People Contoh : Saat ini kita telah mamasuki zaman tekhnologi yang luar biasa perkembangannya. Semua urusan manusia sekarang sudah dimudahkan oleh hadirnya tekhnologi ini. Salah satu tekhnologi yang sangat berkembang saat ini adalah alat komunikasi atau telephone pintar. Namun, tanpa kita sadari telephone pintar selama ini membuat manusia menjadi bodoh dan malas. Tak hanya itu, smart phone juga membuat manusia menjadi pasif dan acuh tak acuh dengan lingkungannya. Ada banyak fitur-fitur yang dapat mengalihkan manusia dari dunianya seperti game, social media, video, dan musik, fitur-fitur tersebut membuat manusia sibuk terhadap smart phone bahkan saat kumpul bersama teman pun mereka saling sibuk dengan smart phonenya masing-maing.Yang terakhir adalah smart phone menghilangkan budaya-budaya yang ada di dalam masyarakat. Saat ini ada fitur peta atau GPS yang memudahkan manusia mencari tempat, kemudahan itu membuat nilai menyapa seseorang di jalan untuk bertanya menjadi hilang. Padahal dengan bertanya mereka bisa saja menjadi teman yang baik. c. Narasi adalah karangan yang menjelaskan tentang peristiwa atau kejadian ( fiksi atau non fiksi ). Analisis : pertemuan yang indah. Contoh : Pagi hari itu aku duduk termenung di sebuah taman. Ku pandangi semua bunga-bunga indah yang sedang bermekaran dengan indahnya. Ketika aku sedang menikmati pemandangan dalam kesunyian, tiba-tiba aku mendengar jeritan seorang wanita dari arah belakangku. Aku pun terdiam dan heran, lalu dengan penasaran aku segera menuju sumber suara tersebut.Betapa terkejutnya diriku ketika mengetahui bahwa jeritan tersebut berasal dari seorang wanita manis berbaju biru. Lalu aku dekati wanita itu, “Kamu baik-baik saja?” tanyaku. “Kamu siapa?” jawab wanita itu. Suaranya sangat lembut dan wajahnya yang manis membuat aku terpana oleh pendangan sesat itu. Tanpa sadar bibirku mengeluarkan kata, “Aku mendengar suara teriakan, jadi ku kira Anda sedang dalam masalah,” “oh, aku tidak apa-apa, hanya terkena duri yang ada di tumbuhan ini” jawabnya. Lalu terjadi hening yang panjang dan terjadi pergolakan di dalam hatiku, ingin rasanya berkenalan dengan dirinya, tetapi aku takut.Tak berapa lama, wanita itu pergi meninggalkanku yang berdiri bodoh tanpa berani berkenalan dengannya. Aku pun menyesal, hingga saat ini aku selalu pergi ke taman itu dan berharap bisa bertemu, “gadis manis berbaju biru” itu sekali lagi. d. Deskripsi adalah karangan yang menjelaskan, melukiskan, atau menggambarkan secara langsung atau tidak. Analisis : Kucingku. Contoh : Aku memiliki sebuah kucing yang bernama meow di rumah. Meow adalah jenis kucing Persia yang dihadiahkan keapadaku setahun yang lalu. Seperti kebanyakan kucing Persia lainnya, Meow sangat gemuk dengan bulu-bulu yang sangat halus menutupi seluruh tubuhnya. Meow memiliki bulu berwarna putih seperti salju, hidung yang sangat pesek, dan ekor yang panjang. e. Persuasif adalah salah satu bentuk karya tulis yang berisi ajakan-ajakan kepada para pembacanya untuk melakukan atau mempercayai suatu hal. Analisis : ayo hidup bersih. Contoh : Hidup bersih merupkan dambaan bagi semua orang, Dengan perilaku hidup bersih, akan menciptakan lingkungan yang sehat sehingga akan berdampak baik pula bagi penghuninya. Seperti yang ada pada pepatah latin, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, oleh karena itu, marilah jaga lingkungan kita agar menjadi bersih.Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk berperilaku hidup bersih yaitu, bersihkanlah lingkungan terdekat seperti rumah, halaman, dan lingkungan sekitar rumah. Dengan lingkungan yang bersih, semua bibit penyakit tidak akan tumbuh dan berkembang. Kemudian jaga pula kebersihan diri sendiri seperti, mandi yang teratur, menyikat gigi, dan memotong kuku. Menjaga kebersihan tubuh dengan teratur membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Dan yang terakhir konsumsilah makanan sehat dan bergizi agar tubuh menjadi sehat dan kuat.Perilaku hidup bersih di atas sangat penting untuk dilaksanakan agar kita sehat dan terhindar dari penyakit. Oleh karena itu, mulai dari sekarang marilah kita semua menjaga kebersihan lingkungan, kebersihan diri dan kebersihan makanan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar